Kemenkeu: 80% Setoran Dividen Hanya Disumbang 10 BUMN

SHARE:

Gurusaham.com - Pemerintah berharap Badan Usaha Milik Negara memberikan hasil keuntungan ataureturn yang lebih baik kepada negara. Kementerian Keuangan mencatat, 80% setoran dividen yang diberikan BUMN hanya berasal dari 10 perusahaan.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silabanmengatakan banyak BUMN yang masih membutuhkan bantuan negara. Kinerja BUMN secara keseluruhan pada tahun lalu juga turun dibandingkan tahun sebelumnya. Tren penurunan laba sebenarnya sudah terjadi sejak 2018, tetapi kian parah akibat pandemi.

"Saya tahu ini menjadi perhatian sehingga pada tahun pertama, Pak Erick Thohir langsung melakukan berbagai program seperti restrukturisasi dengan perampingan," ujarkata Rionald dalam IFG Progress Launching & Sesi 1: Reformasi BUMN, Rabu (28/4).

Ia berharap kinerja BUMN dapat meningkat. Saat ini, rata-rata dividen yang disetorkan BUMN masih jauh dibandingkan aset yang dimiliki BUMN sehingga potensi peningkatan kinerja masih terbuka.

"Dalam jangka panjang kami juga berharap reformasi BUMN yang saat ini dilakukan pada perusahaan milik negara bisa berjalan baik sehingga dapar berkontribusi terhadap negara," ujar dia.

Kemenkeu mencatat, BUMN telah menyetorkan pendapatan ke negara dalam bentuk dividen dan pajak mencapai Rp 1.896,5 triliun selama 2010 hingga 2019. Perinciannya, dividen tercatat Rp 377,8 triliun dan pajak Rp 1.518,7 triliun. Sementara, PMN yang telah disuntikan kepada para perusahaan pelat merah telah mencapai Rp 186,47 triliun dalam satu dekade terakhir.

Untuk tahun 2021, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 42,3 triliun sebagai PMN BUMN. Guyuran dana segar ini menuai kritik di tengah perlunya stimulus kesehatan untuk menagani pandemi corona.

Ekonom Center Of Reform on Economics Yusuf Rendy Manilet menilai dividen BUMN yang lebih besar dari PMN yang disuntik negara tidak bisa dijadikan indikator utama efektivitas suntikan modal negara. "Karena bisa saja dividen dipengaruhi oleh faktor lain," kata Yusuf kepada Katadata.co.id, akhir tahun lalu.

Dia mencontohkan, PT Telekomukasi Indonesia Tbk yang bisa memberikan dividen yang besar karena penetrasi internet yang cepat di Indonesia. Kemudian, hal itu bertemu dengan bertumbuhnya ekomomi digital yang pertumbuhannya cukup signifikan.

Di sisi lain, Yusuf pun menuturkan bahwa masih ada beberapa perusahaan pelat merah yang masih memiliki tugas besar dalam mengoptimalkan PMN. Salah satunya, yakni BUMN perkebunan.

Bank-bank BUMN masuk dalam 10 besar penyumbang setoran dividen ke pemerintah. Pada tahun lalu, nilainya mencapai Rp 13,5 triliun.

[Katadata]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Kemenkeu: 80% Setoran Dividen Hanya Disumbang 10 BUMN
Kemenkeu: 80% Setoran Dividen Hanya Disumbang 10 BUMN
https://cdn1.katadata.co.id/media/oldmedia/konten/2014/08/BUMN-Katadata-Arief.jpg
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/04/kemenkeu-80-setoran-dividen-hanya.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/04/kemenkeu-80-setoran-dividen-hanya.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content