Caplok Operasi Gojek Thailand, AirAsia Rogoh Rp 720 M

SHARE:

Gurusaham.com - Grup maskapai berbiaya murah asal Malaysia, AirAsia Group Bhd (AAGB) lewat anak usahanya AirAsia Ads Sdn Bhd (AirAsia Superapps) mengakuisisi 100% operasi bisnis ride-hailing dan fintech Gojek di Thailand dengan nilai mencapai US$ 50 juta atau setara dengan Rp 720 miliar (kurs Rp 14.400/US$).

Mengacu keterbukaan informasi di Bursa Efek Malaysia, Rabu (7/7/2021), transaksi itu dilakukan lewat pembelian sepenuhnya saham di bisnis berbagi tumpangan (ride-hailing) dan bisnis financial technolgy (fintech). 

Pertama, AirAsia Group melalui AirAsia Superapp meneken perjanjian akuisisi 100% saham Velox Technology (Thailand) Co Ltd dengan nilai US$ 40 juta atau setara Rp 576 miliar.

Pihak penjual yakni Velox South-East Asia Holding Pte Ltd, Go-jek Singapore Pte Ltd dan Velox Technology South East Asia.

Kedua, AirAsia Group melalui AirAsia Digital Sdn Bhd (AirAsia Digital) membeli 100% saham Velox Fintech Co. Ltd senilai US$ 10 juta atau setara Rp 144 miliar.

Pihak penjual yakni Velox Pay South-East Asia Holding Pte Ltd, Go-jek Singapore Pte Ltd dan Velox Technology South East Asia Pte Ltd.

Dalam konferensi pers global pada Rabu kemarin (7/7), Airasia Digital, lini bisnis digital baru dari AirAsia Group, dan Gojek, platform layanan on-demand dan pembayaran di Asia Tenggara, resmi mengumumkan kemitraan strategis, melalui pengambilalihan operasional Gojek di Thailand oleh AirAsia Digital.

Manajemen keduanya menyatakan kemitraan yang saling menguntungkan kedua belah pihak ini diharapkan akan mempercepat ekspansi super app airasia di kawasan ASEAN, sekaligus memperkuat investasi dan fokus pengembangan Gojek di Vietnam dan Singapura.

Sementara itu, Gojek akan mendapatkan kepemilikan saham di super app airasia yang nilai pasar dari aplikasi tersebut diperkirakan sebesar US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

Sebagai bagian dari komitmennya untuk Thailand, super app airasia akan melanjutkan penggunaan ekosistem Gojek yang ada untuk para mitra driver, merchant dan pelanggan sekaligus menawarkan layanan baru termasuk di antaranya layanan kebutuhan sehari-hari dan barang kecantikan. Tak hanya itu, airasia juga berencana memperluas layanan ke Chiang Mai dan Phuket dalam waktu dekat.

Aplikasi Gojek akan tetap dapat digunakan pelanggan di Bangkok hingga 31 Juli 2021. Hal ini untuk memastikan keberlangsungan bagi mitra driver dan merchant yang akan diajak bergabung ke dalam super app airasia dalam beberapa pekan mendatang.

Kemitraan ini sekaligus memperkuat strategi internasional Gojek yang akan meningkatkan investasinya di Vietnam dan Singapura.

"Pengumuman ini merupakan awal dari kemitraan strategis jangka panjang yang luar biasa dengan Gojek yang akan menggebrak industri," kata Airasia Group CEO, Tony Fernandes, dalam konferensi pers.

"Dengan mengambilalih bisnis Gojek yang sudah mapan di Thailand, kami berharap dapat mempercepat terwujudnya ambisi bisnis kami untuk menjadi super app penantang terdepan di Asean," kata pendiri maskapai AirAsia ini.

CEO Gojek Kevin Aluwi, dalam kesempatan itu mengatakan kesepakatan ini merupakan bukti pencapaian tim Gojek di Thailand, yang telah mengembangkan bisnis dari nol hingga menjadi penyedia layanan yang mempermudah hidup ratusan ribu orang di negara Thailand.

"Bisnis ini berhasil dibangun berkat talenta dan semangat yang luar biasa, dan tentunya seluruh karyawan kami di Thailand akan terus bekerja sama dengan airasia di masa transisi ini. Kami bangga dan sangat berterima kasih atas semua pencapaian Gojek Thailand, serta kepada seluruh pelanggan, mitra driver, dan mitra merchant yang selalu setia; mereka-lah yang selalu menjadi fokus dari apa yang kami lakukan," katanya.

"Airasia Digital dan super app airasia akan menjadi mitra yang sangat berharga bagi kami karena memiliki tujuan yang sama untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan sembari meningkatkan kesejahteraan hidup mitra driver dan mitra merchant," jelasnya.

"Di saat yang sama, kesepakatan ini memungkinkan kami memperkuat fokus dan investasi kami di pasar internasional, yaitu Vietnam dan Singapura - pasar yang memberi pengembalian investasi (return on investment) secara optimal dengan peluang pertumbuhan strategis terbaik."

Hadir dalam konferensi pers itu, CEO Air Asia Group Tony Fernandes, CEO Gojek Kevin Aluwi, President Airasia Digital Aireen Omar,CEO AirAsia Superapp Amanda Woo, CEO Teleport (bisnis logistik AirAsia) Pete Chareonwongsak, CEO BigPay Salim Dhanani, dan Lim Ben Jie, Head of Commerce AirAsia Superapp.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Caplok Operasi Gojek Thailand, AirAsia Rogoh Rp 720 M
Caplok Operasi Gojek Thailand, AirAsia Rogoh Rp 720 M
https://awsimages.detik.net.id/visual/2021/07/08/konpers-airasia-7-juli-2021_169.png?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/07/caplok-operasi-gojek-thailand-airasia.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/07/caplok-operasi-gojek-thailand-airasia.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content