Ivermectin Resmi Dapat Izin Edar

SHARE:

Gurusaham.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya memberikan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/UEA) kepada sejumlah obat yang mendukung penanganan terapi Covid-19, termasuk Ivermectin yang akan diproduksi PT Indofarma Tbk (INAF), anak usaha BUMN Farmasi PT Bio Farma.

Sentimen ini hadir sebelum pasar saham Kamis pagi ini (15/7) dibuka. Namun pada perdagangan Rabu kemarin (14/7), saham INAF ditutup naik 3,56% di Rp 3.200/saham.

Nilai transaksi saham INAF mencapai Rp 21 miliar dengan volume perdagangan 6,59 juta saham. Dalam sepekan terakhir saham INAF naik tipis 0,31% dan sebulan melesat 49%. Dalam 3 bulan terakhir saham INAF juga naik 33%.

Adapun saham 'saudaranya', PT Kimia Farma Tbk (KAEF), yang mendapat sentimen Vaksinasi Gotong Royong, ditutup melesat 6,06% di Rp 3.500/saham. Nilai transaksi saham ini kemarin mencapai Rp 138 miliar dengan volume perdagangan 39 juta saham.

Dalam sepekan saham KAEF naik 10% dan sebulan juga terbang 44%. Bahkan dalam 3 bulan terakhir saham induk PT Phapros Tbk (PEHA) ini naik 37%.

Analis PT Indo Premier Sekuritas Mino dalam program InvesTime di CNBC Indonesia mengatakan lonjakan kasus corona memang tidak selalu berdampak positif bagi emiten rumah sakit dan farmasi.

Namun beberapa emiten yang mencatatkan kinerja baik dan memiliki potensi menarik di antaranya Indofarma. Menurut Mino, "INAF memiliki tiga segmen usaha dan semuanya mengalami pertumbuhan," kata Mino.

Mino menyebutkan secara jangka pendek INAF menarik dikoleksi terutama di masa pandemi ini. Namun untuk investor jangka panjang yang ingin mengkoleksi saham farmasi, dia merekomendasikan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul (SIDO) dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF).

"Untuk Kalbe kan sedang mengembangkan obat untuk Covid-19 untuk gejala ringan dan pasien di atas usia 50 tahun, sehingga akan menarik jika berhasil. Kalbe juga sedang bekerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan untuk mengembangkan vaksin, itu mengapa kita rekomendasikan Kalbe," jelasnya.

"Kalau SIDO, dia leader di pasar jamu herbal, jadi dengan kinerja tahun ini cukup solid dan status sebagai market leader kami merekomendasikan saham itu," katanya.

Pada Kamis ini sentimen saham farmasi datang dari BPOM yang menyetujui izin edar penggunaan darurat delapan jenis obat, termasuk Ivermectin. Hal itu terungkap dalam Surat Edaran BPOM tentang Pelaksanaan Distribusi Obat dengan Persetujuan Penggunaan Darurat.

Surat Edaran itu bernomor PW.01.10.3.34.07.21.07 Tahun 2021. Surat itu ditujukan kepada pemilik UEA, pimpinan fasilitas distribusi obat, pimpinan rumah sakit, pimpinan pusat kesehatan masyarakat, pimpinan klinik, pimpinan kantor kesehatan pelabuhan dan pemilik sarana apotek.

Adapun, surat edaran tersebut ditetapkan Mayagustina Andarini, Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif BPOM, pada 13 Juli 2021.

Dalam salinan surat yang diterima CNBC Indonesia dari Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Rabu (14/7/2021) malam, terungkap bahwa Kepala BPOM telah memberikan keputusan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) terhadap penggunaan 8 jenis obat pendukung penanganan terapi Covid-19.

Dalam isi surat edaran, disebutkan pada poin ketujuh, ada sejumlah obat yang mendukung penanganan terapi Covid-19, yang terdiri dari obat yang mengandung:

a. Remdesivir

b. Favipiravir

c. Oseltamivir

d. Immunoglobulin

e. Ivermectin

f. Tocilizumab

g. Azithromycin

h. Dexametason.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Ivermectin Resmi Dapat Izin Edar
Ivermectin Resmi Dapat Izin Edar
https://awsimages.detik.net.id/visual/2021/06/22/ilustrasi-ivermectin-aristya-rahadian-1_169.png?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/07/ivermectin-resmi-dapat-izin-edar.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/07/ivermectin-resmi-dapat-izin-edar.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content