Alfamart Dikabarkan Kerja Sama Strategis dan Investasi di Bank Aladin

SHARE:

Gurusaham.com - Sinergi antara perusahaan retail danlembaga layanan keuangan terus berlanjut untukmemperluas konsumen dan meningkatkan transaksi. Kabar terbaru, peretail modern PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) bakal menjalin kerja sama strategis hingga penyertaan modal dengan PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK).

Dua sumber Katadata.co.id yang mengetahui rencana tersebut menyatakan, kerja sama strategis dan investasi di Bank Aladin terkait dengan upaya Alfamart mengintegrasikan bisnisretailnya dengan pertumbuhan transaksi digital yang pesat. Nantinya, kedua perusahaan dapat bersinergi untuk mendukung kinerja usaha masing-masing.

Untuk membiayai hajatan tersebut, Sumber Alfaria bakal menerbitkan saham baru (rights issue) melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Pengelola minimarket Alfamart ini berencana meminta persetujuan pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB)pada 6 Mei nanti. Jangka waktu rights issue, tidak lebih dari 12 bulan sejak tanggal persetujuan pemegang saham.

Rencananya jumlah maksimal saham baru yang akan diterbitkan Alfamart sebanyak 5 miliar saham dengan nominal Rp 10 per saham. Alfamart belum menentukan harga pelaksanaan sehingga belum dapat mengumumkan target perolehan dananya.

Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id, Alfamart mengincar dana senilai Rp 4 triliun dari aksi korporasi tersebut.

Pemegang saham Perseroan yang tidak menggunakan haknya akan terdilusi sebesar maksimum 10,75%. Saat ini pemegang saham mayoritas Alfamart adalah PT Sigmantara Alfindo sebesar 52,55%. Sedangkan 47,45% sisanya dimiliki oleh publik.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin tidak menampik ataupun membenarkan kabar bahwa perusahaan akan berinvestasi dan melakukan kerja sama strategis dengan Bank Aladin Syariah.

"Hingga saat ini perseroan belum mempunyai komitmen apapun terkait dengan rencana investasi pada perusahaan lain," katanya kepada Katadata.co.id, Selasa (20/4).

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK)mengaku belum ada pengajuan rencana investasi Alfamart kepada Bank Aladin Syariah. "Belum ada informasi," kata Deputi komisioner Perbankan III OJK Slamet Edy Purnomo kepada Katadata.co.id, Selasa (20/4).

Sebelumnya, manajemen Alfamart mengaku membutuhkan mitra teknologi untuk mendukung sistem pembayaran di gerai retailnya. Beberapa tahun lalu, Alfa Group menjalin kerja sama strategis dengan Gojek yang memungkinkan masyarakat melakukan pengisian ulang atautop up Gopay di gerai Alfamart, Alfa Midi, dan Lawson.

Di sisi lain, pengguna Gopay bisa menggunakan dompet elektroniknya untuk berbelanja di gerai Alfa Group. Gojek dan Alfamart juga bekerja sama merilis layanan GoMart pada pertengahan tahun 2020 sebagai solusi belanja makanan dan minuman kemasan, produk kecantikan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya secara online.

Setelah kemitraan strategis dengan Gojek berakhir, Alfamart membutuhkan mitra baru yang mampu menyediakan sistem pembayaran yang memadai dan memperluas jangkauan bisnisnya.

Bank Aladin Syariah juga berencana untuk menambah modal melalui skema rights issue. Namun, manajemen Bank Aladin Syariah menunda membahas rencana tersebut dalam RUPSLB pada 7 April 2021 lalu.

Manajemen BANK yang diwakili oleh Direktur Operasional Basuki Hidayat dan Direktur Bisnis Mohammad Riza mengatakan perseroan belum dapat menyampaikan keterbukaan informasi terkait rights issue sehingga tidak membahasnya dalam RUPSLB.

Kendati demikian, manajemen BANK tetap berencana untuk melakukan aksi korporasi tersebut dalam waktu dekat, setidaknya dalam satu tahun ke depan.

Katadata.co.id berupaya melakukan konfirmasi kepada Direktur Utama Bank Aladin Syariah Dyota Marsudi terkait dengan rencana rights issue tersebut. Namun, hingga berita ini ditulis, Dyota belum memberikan respons.

Rights issue menjadi salah satu cara untuk memenuhi aturan OJK terkait modal inti. Otoritas mengatur modal inti bank setidaknya harus sebesar Rp 1 triliun pada 2020, lalu bertambah menjadi Rp 2 triliun pada 2021, dan Rp 3 triliun tahun depan.

Berdasarkan laporan keuangan terbaru yang dirilis ke publik, tercatat modal inti BANK masih Rp 652,78 miliar per Juli 2020.

Cara lain yang sudah dilakukan perseroan untuk meningkatkan modal inti adalah menawarkan saham perdana atauinitial public offering (IPO) di pasar modal. Perseroan baru saja melepas 5 miliar saham baru di harga Rp 103 per saham pada 1 Februari 2021 lalu.

Saat ini mayoritas saham BANK dimiliki oleh PT NTI Global Indonesia sebesar 60,55%, sebesar 20% dimiliki oleh Bortoli International Ltd, dan Kasai Universal Inc memegang 6,18%. Sisanya, dimiliki oleh masyarakat.

[Katadata]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Alfamart Dikabarkan Kerja Sama Strategis dan Investasi di Bank Aladin
Alfamart Dikabarkan Kerja Sama Strategis dan Investasi di Bank Aladin
https://cdn1.katadata.co.id/media/images/thumb/2019/07/01/2019_07_01-20_13_53_14e17fea8efcbd8157ff96d32c290353_620x413_thumb.jpg
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/04/alfamart-dikabarkan-kerja-sama.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/04/alfamart-dikabarkan-kerja-sama.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content