Saudi Aramco Diserang, Minyak Brent Melonjak US$ 70 per Barel

SHARE:


 

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak mentah Brent melonjak lebih dari 2%, Senin (8/3/2021). Ini menyusul serangan terhadap fasilitas yang dimiliki raksasa energi Saudi Aramco di Arab Saudi, Minggu (7/3/2021) malam.

Satu barel 'emas hitam' melonjak 2,11% menjadi US$ 70,82 per barel. Ini merupakan yang tertinggi sejak Mei 2019.

Selain serangan di Arab, optimisme tentang akan naiknya permintaan juga menjadi sentimen lain. Hal itu seiring pemulihan ekonomi global karena corona (Covid-19) perlahan diatasi dengan vaksin.

Sebelumnya, sebuah drone (pesawat tanpa awak) kembali menyerang pelabuhan minyak Arab Saudi. Rudal balistik juga menargetkan fasilitas Saudi Aramco, di timur negara itu.

"Salah satu area tangki minyak di Pelabuhan Ras Tanura di Wilayah Timur, pelabuhan minyak terbesar di dunia, pagi ini diserang oleh pesawat tak berawak dari laut," kata kementerian dikutip AFP dari kantor berita setempat.

"Rudal balistik jatuh di dekat daerah pemukiman Saudi Amarco, di Dhahran, di mana ribuan karyawan perusahaan dan keluarga mereka dari berbagai negara tinggal."

Meski demikian, dalam pernyataan lanjutan kementerian pertahanan Arab Saudi mengatakan drone yang menyerang di area pelabuhan telah dihancurkan. Mereka menekankan 'dijatuhkan sebelum mencapai target', termasuk rudal balistik yang menargetkan fasilitas Aramco di Dahran.

"Serangan itu menargetkan tulang punggung ekonomi dunia, pasokan minyak dan keamanan energi global," kata kementerian.

Belum ada laporan soal adanya korban dan kerusakan. Dalang yang bertanggung jawab juga belum terungkap, namun pelaku serangan diarahkan ke pemberontak Huthi di Yaman.

[CNBC]

 

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Saudi Aramco Diserang, Minyak Brent Melonjak US$ 70 per Barel
Saudi Aramco Diserang, Minyak Brent Melonjak US$ 70 per Barel
https://awsimages.detik.net.id/visual/2021/01/17/iran-kembali-luncurkan-rudal-balistik-dalam-latihan-militer-iranian-revolutionary-guardsepahnews-via-ap-2_169.jpeg?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/03/saudi-aramco-diserang-minyak-brent.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/03/saudi-aramco-diserang-minyak-brent.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content