Ini Dia! Erick Thohir Keluarkan Aturan Jual Aset BUMN ke SWF

SHARE:

Gurusaham.com - Kementerian BUMN menerbitkan aturan baru untuk mendukung pelaksanaan pemindahan aset BUMN ke Sovereign Wealth Fund (SWF) - Indonesia Investment Authority (INA). Sehingga aset BUMN kini sudah bisa dijual kepada lembaga pengelola investasi yang baru dibentuk ini.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri BUMN No. PER-03/MBU/03/2021 yang telah diundangkan pada 29 Maret 2021. Beleid ini merupakan perubahan ketiga atas PER-02/MBU/2010 yang mengatur tentang Tata cara Penghapusbukuan dan Pemindahtanganan Aktiva Tetap BUMN.

Dari aturan itu tertulis untuk mendukung optimalisasi pelaksanaan tujuan lembaga pengelola investasi, berdasarkan Undan Undang Cipta Kerja, melalui pemindahtanganan aset milik BUMN ke SWF- INA.

Sehingga pemindahtanganan dengan cara penjualan dapat dilakukan, apabila memenuhi salah satu persyaratan ini.

Dalam beleid itu tertulis penjualan dapat dilakukan sepanjang hal ini memberikan dampak baik ke BUMN. Selain itu penjualan juga dapat dilakukan melalui penunjukan dengan beberapa syarat.

Dari catatan CNBC Indonesia, banyak jalan tol yang ingin di divestasikan ke LPI ini. kini dengan penjualan aset BUMN bisa lebih sah dengan adanya aturan ini.

Beberapa ruas tol yang mau di jual misal di Jalan Tol Trans Sumatera milik Hutama Karya (Persero) seperti, Medan - Binjai, Bakauheni - Palembang, Pekanbaru - Dumai.

Jasa Marga (Persero) tbk akan menawarkan aset ruas tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, Jakarta - Cikampek II Elevated (Mohammed Bin Zayed), Semarang - Batang, Gempol - Pandaan, Pandaan - Malang, Gempol Pasuruan, Balikpapan - Samarinda, Manado - Bitung, dan Bali Mandara.

Sementara Waskita Karya (Persero) Tbk akan menawarkan tol Cimanggis-Cibitung, Cibitung-Cilincing, Ciawi-Sukabumi, Depok-Antasari, Cinere-Serpong dan Kanci-Pejagan. Selanjutnya ada Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Pasuruan-Probolinggo dan Krian-Legundi-Bunder.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Ini Dia! Erick Thohir Keluarkan Aturan Jual Aset BUMN ke SWF
Ini Dia! Erick Thohir Keluarkan Aturan Jual Aset BUMN ke SWF
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/04/ini-dia-erick-thohir-keluarkan-aturan.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/04/ini-dia-erick-thohir-keluarkan-aturan.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content