Saat IHSG Lesu & Transaksi Sepi, Asing Borong Saham Ini

SHARE:

Gurusaham.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bernasib kurang mujur minggu ini karena harus mengalami koreksi hingga 1,1%. Data-data transaksi juga menunjukkan bahwa perdagangan masih sepi dan kurang bergairah. 

Nilai transaksi tercatat masih mencapai Rp 9,2 triliun di awal pekan. Namun pada perdagangan hari terakhir minggu ini, nilai transaksi hanya Rp 8,7 triliun saja. Secara rata-rata, nilai transaksi di bursa hanya Rp 9 triliun. 

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) juga menunjukkan transaksi setiap bulannya cenderung menurun di kuartal pertama tahun ini. Pada awal tahun rata-rata transaksi harian mencapai Rp 20,5 triliun. 

Kemudian di bulan Februari transaksi turun hampir 25% menjadi Rp 15,6 triliun. Transaksi semakin turun di bulan Maret dan hanya Rp 11,9 triliun. Kalau dilihat minggu ini nilai transaksi juga semakin turun. 

IHSG turun di kala asing masuk ke bursa saham domestik. Minggu ini saja asing membukukan aksi beli bersih senilai hampir Rp 882 miliar di pasar reguler. Berikut ini adalah lima saham yang paling banyak dikoleksi asing berdasarkan nilai transaksinya :

Nama Kode Net Foreign Buy (Rp miliar) Harga (Rp/Unit) Change (%)
PT Tower Bersama Infrastructure Tbk TBIG 251.4 2530 -9.32
PT Bank Central Asia Tbk BBCA 182.2 32000 -0.08
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk BBRI 135.8 4050 0
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk TLKM 133.2 3190 -0.31
PT Digital Mediatama Maxima Tbk DMMX 82.6 775 26.02

Sumber : RTI Infokom

Pasar nasional masih didera kekhawatiran seputar penyebaran virus Covid-19 dari India, yang dikabarkan telah memicu penghentian aktivitas publik (lockdown) di Malaysia dan pengetatan aktivitas di Singapura.

Beberapa laporan juga menyebutkan warga negara India telah masuk ke Indonesia, baik dengan pesawat udara maupun laut. Kapal yang bersandar dari India di Riau diketahui dikemudikan oleh kapten dan awak kapal yang positif mengidap Covid-19.

Di sisi lain, pelaku pasar masih mencermati adanya ekspektasi mulai adanya pengetatan kebijakan moneter dari bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed), sebagaimana diserukan oleh Menteri Keuangan Janet Yellen.

Kebijakan moneter ketat, berupa kenaikan suku bunga acuan dan pengurangan kebijakan pelonggaran kuantitatif (quantitative easing/QE) berpeluang besar memicu capital outflow yang akan menekan aset keuangan dalam negeri mulai dari saham, obligasi hingga nilai tukar rupiah.

Kekhawatiran tersebut meningkat setelah Yellen menilai bahwa suku bunga acuan seharusnya dinaikkan untuk mencegah ekonomi AS kepanasan. "Ini bukan sesuatu hal yang saya prediksikan atau rekomendasikan," tuturnya.

Bank sentral AS juga mulai menjajaki peluang tersebut seperti yang disebutkan oleh Vice Chairman The Fed Richard Clarida kepada CNBC International, yang menyebutkan bahwa perlu ada kemajuan tambahan selain pembaikan angka tenaga kerja di AS, dan kemudian bank sentral akan mengurangi kebijakan moneter longgar.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Saat IHSG Lesu & Transaksi Sepi, Asing Borong Saham Ini
Saat IHSG Lesu & Transaksi Sepi, Asing Borong Saham Ini
https://awsimages.detik.net.id/visual/2021/04/28/ilustrasi-bursa-efek-indonesia-5_169.jpeg?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/05/saat-ihsg-lesu-transaksi-sepi-asing.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/05/saat-ihsg-lesu-transaksi-sepi-asing.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content