Saham Rajin Bagi Dividen, Mending Hold atau Jual?

SHARE:

Gurusaham.com - Sejumlah emiten diketahui kerap membagikan dividen yang cukup tinggi. Lalu apa yang harus dilakukan pada saham perusahaan itu?

"Jika investor melakukan pembelian atau menghold saham-saham yang memiliki dividen tinggi merupakan hal yang cukup baik," kata CEO Sucor Sekuritas, Bernadus Wijaya dalam program InvestTime CNBC Indonesia, Jumat (7/5/2021).

Dia mengatakan keadaan setelah Covid-19 kemungkinan ekonomi akan kembali baik. Dengan begitu ada potensi di tahun berikutnya, para emiten akan membagikan dividen dengan jumlah yang semakin besar lagi.

Bernadus menambahkan perusahaan yang membagikan dividen tinggi biasanya akan ada dalam Index IDX High Dividen 20. Ini adalah perusahaan yang dewasa dan beroperasi dalam waktu lama.

Para perusahaan ini juga telah menunjukkan ketahanan saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"Biasanya merupakan perusahan dan telah beroperasi sepanjang tahun yang cukup lama. Kita bisa lihat ketahanan perusahaan selama pandemi terjadi pun cukup kuat," ungkapnya.

Dia menjelaskan cara memilih perusahaan untuk jangka panjang terutama terkait dengan dividen. Salah satunya adalah aturan mengenai pembagian dividen yang tetap konsisten.

Selain itu jika performa perusahaan cenderung kurang baik saat pandemi dan cenderung membaik setelahnya. Terakhir adalah perusahaan secara jangka panjang dan konsisten punya kecenderungan untuk bertumbuh.

"Dimana ini terjadi karena perubahan behaviour masyarakat terutama Covid-19 lebih banyak di rumah," jelas Bernadus.

Salah satu contoh adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). Dia menjelaskan earnings per share nya memiliki kenaikan cukup signifikan dengan tahun 2020 adalah Rp210,-.

Dengan asumsi tahun 2020 akan memiliki dividen pay out ratio sama seperti 2019 yakni 80%, dividen yieldnya akan meningkatkan dari tahun lalu 40-4,5% menjadi 5,26% di tahun ini.

"Kita asumsikan dividen pay out ratio n80%, Telkom ini di jangka ke depan kita melihat bahwa prospek cukup baik. Apalagi dengan behaviour masyarakat mulai berubah dari yang biasa WFO (Work From Office) sekarang WFH (Work From Home), menunjang dari Telkom bisa dilihat dari kuartal 4 tahun 2020," jelasnya.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Saham Rajin Bagi Dividen, Mending Hold atau Jual?
Saham Rajin Bagi Dividen, Mending Hold atau Jual?
https://awsimages.detik.net.id/visual/2020/11/19/ilustrasi-bursa-efek-indonesia-cnbc-indonesiamuhammad-sabki-8_169.jpeg?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/05/saham-rajin-bagi-dividen-mending-hold.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/05/saham-rajin-bagi-dividen-mending-hold.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content