Jokowi Lantik Megawati Jadi Dewan Pengarah BRIN Siang Ini

SHARE:

Gurusaham.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pelantikan rencananya akan digelar pada pukul 13:30 WIB. Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dipastikan akan dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN.

"Iya [Megawai Soekarnoputri dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah]," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Rabu (13/10/2021).

Pelantikan Dewan Pengarah BRIN sejalan dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) 78/2021 yang diteken Jokowi pada 24 Agustus 2021 lalu.

Dalam aturan tersebut, susunan organisasi BRIN akan terdiri dari Dewan Pengarah yang nantinya memiliki tugas untuk memberikan arahan kepada kepala BRIN.

Arahan yang dimaksud yakni merumuskan kebijakan dan penyelenggaraan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran dan penyelenggaraan keantariksaan menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada nilai Pancasila.

BRIN sendiri sebelumnya berada di Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Namun, pemerintah memutuskan untuk melebur Kemenristek ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Bambang Brodjonegoro, eks Menristek kala itu memang sempat mengungkapkan ketidakjelasan nasib BRIN di depan dewan parlemen pada Maret lalu.

Bambang menyebut, BRIN selama ini berjalan dengan ketiadaan dan tanpa kejelasan dasar hukum yang menaungi seluruh unit organisasi yang diperlukan guna menjalankan tugas dan fungsinya secara efektif dan efisien.

Jokowi pada April lalu lantas mengirimkan surat penggabungan Kemenristek ke Kemendikbud kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). BRIN kemudian berdiri sendiri sebagai lembaga mandiri.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Jokowi Lantik Megawati Jadi Dewan Pengarah BRIN Siang Ini
Jokowi Lantik Megawati Jadi Dewan Pengarah BRIN Siang Ini
https://awsimages.detik.net.id/visual/2021/08/19/foto-momen-jokowi-megawati-dalam-acara-purnapaskibraka-tahun-2021-di-halaman-istana-merdeka-kris-biro-pers-sekretariat-preside-1_169.jpeg?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/10/jokowi-lantik-megawati-jadi-dewan.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/10/jokowi-lantik-megawati-jadi-dewan.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content