Setelah BBM Naik, Bos BTN (BBTN) Umumkan Bunga KPR Naik 2-3 Bulan Lagi

SHARE:

Gurusaham.com - Era bunga murah mulai berakhir sejak Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga. Adapun PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) sebagai bank penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menyebutkan akan ada kenaikan bunga KPR dalam dua-tiga bulan mendatang.

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan untuk menentukan suku bunga kredit seperti KPR, bank harus melihat suku bunga dana.

"Kemarin waktu naik, suku bunga acuan kita suku bunga dasar kredit (SBDK) masih tetap, kenaikan bunga acuan ditambah biaya bunga. Baru biaya pinjamannya, jadi tidak serta merta, tapi karena sudah naik (bunga acuan) akan kita sesuaikan," kata Haru di Gedung DPR, Rabu (14/9/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sayangnya, BTN belum menentukan berapa kenaikan bunga KPR yang akan dilakukan ke depan. Hal ini karena bank juga melihat likuiditas di pasar.

"Kita masih ikut saja, bagaimanapun likuiditas di pasar harus diikuti. Yang diterima bank kan sama, penabung dikasih lebih peminjam juga sama, naik ikut naik, turun ikut turun," jelasnya.

Sekadar informasi saat ini SBDK BTN untuk bunga kredit korporasi 8%, kredit ritel 8,25%, kredit konsumsi KPR 7,25% dan kredit konsumsi non KPR 8,75%.

SBDK ini adalah bunga dasar yang digunakan untuk penetapan bunga kredit yang dikenakan oleh bank kepada nasabah. Jadi jangan heran dan bingung, jika bunga kredit yang sudah sampai ke nasabah belum tentu sama alias berbeda dengan SBDK yang dicantumkan bank.

Sebelumnya Haru mengatakan, hingga kini demand pembiayaan rumah masih sangat tinggi, namun ada banyak kendala yang membayangi.

Dia menyebutkan, suku bunga masih mahal, tidak memiliki uang muka, hingga belum memiliki penghasilan cukup menjadi beberapa kendala utama. Untuk meningkatkan kepemilikan rumah dan menyiasati minimnya dana yang dimiliki oleh sebagian masyarakat, BTN mengungkapkan beberapa strateginya.

"Pertama, kami menyalurkan KPR bersubsidi. Kedua, bagaimana akses pembiayaan yang lebih murah dan mudah. Agar lebih mudah, kami melakukan transformasi agar pelayanan lebih cepat dan bangun sentra bisnis di beberapa tempat untuk mempercepat layanan dan melakukan digitalisasi," jelas Haru dalam Economic Update CNBC Indonesia, Senin (15/8/2022).

Untuk memberikan pembiayaan yang lebih murah, BTN menekan biaya bunga, yang dilakukan dengan menambahkan nasabah ritel baru. BTN menurutnya juga melakukan kerja sama dengan beberapa lembaga yang bisa melakukan pengelolaan dana.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Setelah BBM Naik, Bos BTN (BBTN) Umumkan Bunga KPR Naik 2-3 Bulan Lagi
Setelah BBM Naik, Bos BTN (BBTN) Umumkan Bunga KPR Naik 2-3 Bulan Lagi
https://awsimages.detik.net.id/visual/2022/09/14/rapat-dengar-pendapat-rdp-komisi-xi-dpr-dengan-dirjen-kekayaan-negara-dan-direktur-utama-btn-ist_169.jpeg?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2022/09/setelah-bbm-naik-bos-btn-bbtn-umumkan.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2022/09/setelah-bbm-naik-bos-btn-bbtn-umumkan.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content