Gabungan Gojek dan Tokopedia Dikabarkan Bernama GoTo

SHARE:

Decacorn Gojek dan unicorn Tokopedia dikabarkan dalam tahap akhir untuk merger dengan valuasi US$ 18 miliar. Gabungan kedua startupjumbo itu kabarnya bernama GoTo.

Sumber The Information mengatakan, kesepakatan antara kedua perusahaan ditarget selesai bulan ini. “Manajemen puncak GoTo akan dipenuhi oleh para pemimpin senior dari kedua perusahaan, termasuk co-CEO Gojek Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi, serta CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan presiden Patrick Cao,” demikian dikutip dari Kr Asia, Rabu (14/4).

GoTo akan menyediakan layanan yang mencakup berbagi tumpangan (ride hailing), e-commerce, pengiriman makanan, pembayaran, dan logistik. Ini merupakan bisnis inti dari kedua perusahaan.

Dalam laporan lain, Gojek dikatakan memiliki 60% saham di entitas gabungan. Sedangkan Tokopedia mengendalikan sisanya.

Sebelumnya, manajemen dan pimpinan Gojek dan Tokopedia dikabarkan menyepakati merger kedua perusahaan. Proses selanjutnya menunggu persetujuan dari para pemegang saham.

"Manajemen dan board dari kedua startup itu secara resmi sepakat untuk melanjutkan merger," kata sumber yang tidak ingin disebutkan namanya dikutip dari Bloomberg, akhir pekan lalu (9/4). "Mereka tinggal mencari kesepakatan pemegang saham melalui apa yang disebut paket persetujuan."

Kedua startup jumbo tersebut memiliki beberapa investor yang sama seperti Google, Temasek Holdings Pte, dan Sequoia Capital India.Tokopedia juga didukung oleh Alibaba Group Holding Ltd, yang juga memiliki unit e-commerce di Asia Tenggara, yakni Lazada.

Berdasarkan sumber Katadata.co.id, dua perusahaan digital Tanah Air itu dikabarkan telah mengumumkan rencana tersebut kepada karyawan.

Namun, Gojek dan Tokopedia belum memberikan detail informasi kesepakatan itu. Gojek menyatakan akan memberitahukan informasi lebih lanjut dalam waktu dekat apabila ada aksi korporasi.

"Kami memahami bahwa ada banyak diskusi yang beredar terkait isu ini, namun kami tidak dapat berkomentar saat ini," kata Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita kepada Katadata.co.id, Jumat lalu (9/4).

Begitu juga dengan Tokopedia. "Jika ada aksi korporasi, kami pasti akan menyampaikannya kepada publik," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.

[Katadata]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Gabungan Gojek dan Tokopedia Dikabarkan Bernama GoTo
Gabungan Gojek dan Tokopedia Dikabarkan Bernama GoTo
https://cdn1.katadata.co.id/media/images/thumb/2021/03/10/Aplikasi_Tokopedia_dan_Gojek-2021_03_10-12_42_01_11e5f2d6c3e0b6adb4a5c1d6e0064b62_620x413_thumb.jpg
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/04/gabungan-gojek-dan-tokopedia-dikabarkan_14.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/04/gabungan-gojek-dan-tokopedia-dikabarkan_14.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content