Jokowi Buat Kementrian Investasi, Gabung Ristek-Dikbud, Ada Reshuffle?

SHARE:

Gurusaham.com - Rapat Paripurna Dwan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui penggabungan sebagian tugas dan fungsi Kementerian Riset dan Teknologi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nantinya Kementerian yang dipimpin Nadiem Makarim ini bernama Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi. Hal inimembuka peluang terjadi perombakan atau reshuffle kabinet.

Selain penggabungan, rapat juga menyepakati pembentukan Kementerian Investasi untuk meningkatkan penanaman modal dan menciptakan lapangan pekerjaan. Adapun Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 menyatakan pengubahan kementerian dilakukan sesuai pertimbangan DPR.

Keputusan ini sah usai dewan menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 yang dikirimkan Presiden Joko Widodo. Perubahan ini sudah dibahas dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 8 April 2021.

“Apakah hasil keputusan Rapat Pengganti Bamus terkait pertimbangan dan pembentukan kementerian dapat disetujui,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam Rapat Paripurna DPR di Jakarta, Jumat (9/4) dikutip dari Antara. Anggota yang hadir dalam rapat menyatakan persetujuan.

Meski demikian, belum diketahui nasib pejabat terkait di posisi sebelumnya. Sebelumnya Menristek dijabat oleh Bambang Brodjonegoro merangkap Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Adapun, urusan terkait investasi berada di dua lembaga yakni Kementerian Kemaritiman dan Investasi yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan serta Badan Koordinasi Penanaman Modal yang dikepalai Bahlil Lahadalia.

Jokowisejak 2019 lalu telah mengutarakan niat untuk membentuk dua Kementerian baru. Salah satu yang disampaikan adalah keinginannya membentuk kementerian yang khusus mengurus investasi.

Sebelumnya Presiden telah menggabungkan Badan Ekonomi Kreatif ke dalam Kementerian Pariwisata. Sedangkan kementerian lain yang digabungkan pada 2014 silam adalah Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup.

[Katadata]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Jokowi Buat Kementrian Investasi, Gabung Ristek-Dikbud, Ada Reshuffle?
Jokowi Buat Kementrian Investasi, Gabung Ristek-Dikbud, Ada Reshuffle?
https://cdn1.katadata.co.id/media/images/thumb/2021/03/28/Presiden_Joko_Widodo-2021_03_28-15_40_57_b790bd4739f57466236d045633a84506_620x413_thumb.png
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/04/jokowi-buat-kementrian-investasi-gabung.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/04/jokowi-buat-kementrian-investasi-gabung.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content