Resmi Berdamai, Ini Kesepakatan Bosowa & Kookmin di Bukopin

SHARE:

Gurusaham.com - Bosowa Corporindo dan KB Kookmin Bank menyatakan telah menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi, dan sepakat mengembangkan hubungan yang berorientasi kerja sama ke depannya. Berdasarkan salinan pernyataan bersama yang diterima oleh CNBC Indonesia, Bosowa dan Kookmin sepakat proses normalisasi PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) menjadi prioritas utama.

Untuk itu, keduanya setuju untuk melakukan pencabutan segala tuntutan hukum. Kedua perusahaan ini juga sepakat tidak lagi melakukan tuntutan hukum dalam bentuk apapun di kemudian hari yang bisa mengganggu normalisasi KB Bukopin.

"KB Kookmin Bank berkomitmen melakukan yang terbaik demi memulihkan kepercayaan nasabah serta meningkatkan nilai perusahaan Bank KB Bukopin. Bosowa Berkomitmen memberikan dukungan penuh terhadap tata kelola KB Bukopin dan peningkatan hubungan eksternal," tulis Joint Statement yang diterima CNBC Indonesia, Senin (7/6/2021).

Dalam proses perdamaian yang diinisiasi dan dikawal terus oleh Direktur Utama Bukopin Rivan A. Purwantono ini dinyatakan bahwa pihak KB Kookmin pun memberikan pengakuan dan rasa hormat pada Bosowa sebagai mitra bisnis, sekaligus pemegang saham kedua terbesar di KB Bukopin. Sebaliknya, Bosowa juga memberikan pengakuan terhadap KB Kookmin sebagai pemegang saham pengendali Bank KB Bukopin.

Keduanya juga sepakat meningkatkan kerja sama aktif untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam Bank KB Bukopin. Beberapa permasalahan yang disoroti seperti penambahan modal, deposito, hingga NPL, dan akan dilakukan sinergi antara KB Kookmin dan Bowoswa.

"KB Koomin dan Bosowa sepakat bersama-sama memperkuat komunikasi dan kerjasama yang erat dengan OJK dalam usaha pelaksanaan rencana normalisasi Bank KB Bukopin," tulis pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Direktur Utama Bosowa Corporindo Rudyantho mengatakan Bosowa dan Kookmin Bank sudah menjalin komunikasi dan akan mencapai satu kesepahaman. Dari kesepakatan tersebut, perusahaan tak akan lagi mempersalahkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Bukopin.

"Sejak akhir Februari itu antara Kookmin dan Bosowa sudah masuk dalam satu kesepahaman, bahwa ke depan isu legal itu tidak lagi menjadi prioritas di antara kedua belah pihak," ucapnya mengutip detikcom, Rabu (2/6/2021).

Menurut dia, kesepakatan tersebut hanya tinggal di teken saja, sebab kedua belah pihak sudah lama melakukan komunikasi dan sudah menyepakati beberapa poin yang akan tertuang di dalamnya.

"Bosowa dan Kookmin sudah berada dalam satu understanding bahwa ke depan yang diutamakan adalah bagaimana Bukopin ini bisa lebih maju. Sehingga isu legal itu sudah bukan menjadi prioritas lagi dan kita lebih concern untuk menyelesaikan bagaimana Bukopin ke depan bisa lebih baik," tuturnya.

Adapun hal lainnya adalah, pihak Bosowa tak permasalahkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Bukopin, di mana sebelumnya berdasarkan hasil RUPS LB tersebut membuat kepemilikan saham Bosowa di Bank Bukopin menyusut.

Atas jalan damai ini, Bosowa sudah menerima putusan RUPSLB bahwa perusahaan keuangan asal Korsel itu kini jadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin.

"Iya betul, kita sudah berada dalam satu kesepahaman dan tinggal diselesaikan dalam bentuk settlement agreement. Cuma kendalanya kemarin kan Lebaran, kedua wakil dari Kookmin yang ke Jakarta harus melalui masa karantina. Jadi harusnya sih sebelum Lebaran settlement agreement sudah selesai, karena sudah bolak balik kita bicarakan bersama-sama dan sebenarnya sudah final," terangnya.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Resmi Berdamai, Ini Kesepakatan Bosowa & Kookmin di Bukopin
Resmi Berdamai, Ini Kesepakatan Bosowa & Kookmin di Bukopin
https://awsimages.detik.net.id/visual/2021/06/02/bank-kb-bukopin-bank-bukopin_169.jpeg?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/06/resmi-berdamai-ini-kesepakatan-bosowa.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/06/resmi-berdamai-ini-kesepakatan-bosowa.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content