Kabar Baik! QRIS Bakal Bisa Digunakan di Singapura & Arab

SHARE:

Gurusaham.com - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan, layanan QRIS akan diperluas antarnegara ke Singapura hingga Arab Saudi. Sebelumnya, BI sudah bekerja sama dengan Bank of Thailand untuk kerja sama pembayaran di Thailand.

Menurut Perry, BI nantinya akan bekerja sama dengan bank sentral Singapura hingga Arab Saudi untuk memfasilitasi perluasan layanan QRIS antarnegara. Hal ini juga untuk memudahkan warga Indonesia untuk bertransaksi di negara yang sudah bekerja sama dengan QRIS.

"QRIS nanti akan kita perluas dengan Singapura, Arab Saudi, sehingga nanti jemaah umroh bisa menggunakan QRIS untuk berbelanja di sana," katanya di acara Webinar Hari Pelanggan Nasional 2021, Jumat (3/9/2021).

Seperti diketahui pada 17 Agustus 2021 lalu BI telah telah merilis Standard Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dan peluncuran pra resmi QRIS Antarnegara. Di Indonesia, pembayaran dengan QR Code dapat dilakukan melalui QRIS untuk bertransaksi barang dan jasa.

"Hadirnya QR Indonesia Standard (QRIS) memungkinkan interkoneksi dan interoperabilitas pembayaran melalui satu standar QR code yang kini telah betul-betul digunakan untuk seluruh Indonesia. Sangat maju dan telah dilakukan uji coba antarnegara (cross border)," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi saat Opening Caremony Virtual JAKREATIFEST 2021, Senin (30/8/2021).

Rosmaya mengatakan, konsumen dan pedagang di kedua negara akan dapat melakukan dan menerima pembayaran QR lintas batas instan untuk barang dan jasa.

Tidak hanya Thailand, BI juga tengah mempersiapkan perluasan pilot project QRIS ini dengan Bank Negara Malaysia dan Singapura. Tujuannya, agar bisa melakukan uji coba Standar nasional QR code untuk QRIS dengan Malaysia dan Singapura.

Pembayaran berbasis QR Code antar negara ini dinilai lebih aman, karena nasabah tidak perlu lagi membawa uang dalam jumlah banyak. Nasabah pun dapat berhemat karena tidak ada lagi biaya dan komisi seperti biaya kurs.

"Setelah dengan Thailand akan dengan Malaysia dan kemudian akan dengan Singapura. Adapun pada 2021 ini, BI menargetkan penggunaan QRIS akan mencapai 12 juta merchant yang didukung berbagai sinergi," ujarnya.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Kabar Baik! QRIS Bakal Bisa Digunakan di Singapura & Arab
Kabar Baik! QRIS Bakal Bisa Digunakan di Singapura & Arab
https://awsimages.detik.net.id/visual/2020/11/17/brisyariah-kampanyekan-transaksi-non-tunai-lewat-qris-ist_169.png?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/09/kabar-baik-qris-bakal-bisa-digunakan-di.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/09/kabar-baik-qris-bakal-bisa-digunakan-di.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content