Update Taipan RI! 10 Hari, Duit Bos Batu Bara Ini Naik Rp13 T

SHARE:

Gurusaham.com - Forbes yang fokus menghitung duitnya para miliarder dunia merilis data The World's Real-Time Billionaires yang merupakan daftar yang diperbaharui setiap hari dengan melacak naik turunnya kekayaan miliarder di seluruh dunia.

Berdasarkan data yang diakses Kamis pagi (30/9), terungkap beberapa nama lama tetap bercokol sebagai orang paling tajir di Nusantara ini.

Dalam daftar tersebut juga terdapat taipan yang berbisnis batu bara.

Meningkatnya kekayaan taipan batu bara merupakan akibat dari melonjak harga komoditas tersebut yang kini telah menembus US$ 200 per ton yang memompa kinerja saham emiten milik sang taipan.

Tercatat dalam sehari terakhir penambahan kekayaan terbesar dibukukan oleh pengusaha tambang batu bara. Bahkan dalam 10 hari, kekayaan bos batu bara ada yang naik hingga Rp 13 triliun, fantastis.

Adapun di dunia, bos Tesla Elon Musk nangkring di posisi pertama dengan kekayaan US$ 201,1 miliar atau setara dengan Rp 2.875 triliun (kurs Rp 14.300/US$) mengungguli pendiri e-commerce Amazon Jeff Bezos yang berada di urutan kedua

Di Indonesia, nama kakak beradik pemilik perusahaan rokok Djarum dan pemilik PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) masih mempertahankan posisinya sebagai orang kaya nomor satu dan dua di Tanah Air, yakni Hartono bersaudara.

Berikut update daftar 11 orang terkaya di Indonesia menurut Forbes 'The World's Real-Time Billionaires', yang diakses Kamis pagi (28/7), pukul 09.00 WIB.

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia dan posisi ke 96 orang terkaya di dunia. Total kekayaannya saat ini diperkirakan mencapai US$ 19,8 miliar atau Rp 283,14 triliun.

Budi bersama kakaknya Michael Bambang Hartono adalah pemilik perusahaan rokok Djarum dan juga pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BBCA).

Hartono bersaudara membeli saham BCA dari Salim Group, tahun 1997-1998 saat krisis ekonomi Asia terjadi. Namun pada Rabu malam, dalam sehari kekayaannya turun sebesar US$ 123 juta atau Rp 1,78 triliun.

2. Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono menjadi orang terkaya di urutan kedua di Indonesia dan posisi 101 dunia, menyusul adiknya Robert Budi Hartono di posisi pertama.

Total kekayaannya mencapai US$ 19,1 miliar (Rp 256,65 triliun), turun dari total kekayaan yang tercatat di daftar orang terkaya 2021 sebesar US$ 19,7 miliar atau Rp 273,13 triliun. Sama halnya seperti sang adik, pundi-pundi yang didapatkan Michael berasal dari rokok dan perbankan.

3. Sri Prakash Lohia

Di urutan ketiga dan 461 dunia terdapat nama Sri Prakash Lohia, miliarder pendiri perusahaan petrokimia dan tekstil, Indorama Corporation (PT Indorama Syntetics Tbk/INDR), yang lahir di Kolkata, India dengan kekayaan sebesar US$ 6,6 miliar atau setara Rp 91,35 triliun.

4. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu menduduki posisi keempat orang terkaya di Indonesia dan orang terkaya nomor 488 di dunia. Total kekayaannya saat ini mencapai US$ 6,0 miliar atau Rp 85,8 triliun.

Prajogo adalah pemilik PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA).

5. Chairul Tanjung

Di posisi kelima ada Chairul Tanjung yang pundi-pundi kekayaannya tercatat US$ 4,1 miliar atau Rp 58,63 triliun. Di dunia CT masuk urutan nomor 778.

Chairul Tanjung merupakan pemilik CT Corp dengan sejumlah diversifikasi bisnis. Beberapa perusahaan yang menjadi portofolio investasi CT Corp di antaranya PT Bank Mega Tbk (MEGA), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA), Trans Resort Bali, CT Agro, Transmedia, dan The Trans Luxury Hotel Bandung.

6. Jerry Ng

Posisi keenam orang terkaya di Indonesia dipegang oleh Jerry Ng. Ia merupakan miliarder yang baru masuk di daftar orang terkaya dunia di tahun ini. Total kekayaannya saat ini tercatat US$ 4,0 miliar atau Rp 57,2 triliun.

Jerry Ng dikenal sebagai bankir veteran yang berpengalaman lebih dari tiga dekade dan mendapatkan pundi-pundinya melalui saham di PT Bank Jago Tbk (ARTO). Sebelumnya ia pernah menjadi pejabat di PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) dan Bank Central Asia. Kemudian hingga Februari 2019 menjabat sebagai Direktur Utama di Bank BTPN (BTPN).

7. Keluarga Dato' Sri Tahir

Keluarga Tahir berada di urutan kedelapan dengan total kekayaan tercatat US$ 3,4 miliar atau Rp 48,52 triliun.

Keluarga Tahir adalah investor, sekaligus pendiri Mayapada Group (PT Bank Mayapada Tbk/MAYA). Perusahaan ini membawahi holding company yang memiliki beberapa unit bidang usaha, seperti perbankan, TV berbayar, media cetak, properti, sampai rumah sakit.

8. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Posisi kedelapan orang terkaya di Indonesia dan ke 880 dunia diisi oleh Eddy Kusnadi Sariaatmadja dengan total kekayaan US$ 2,5 miliar atau Rp 35,75 triliun.

Eddy Kusnadi adalah pendiri salah satu perusahaan media di Indonesia yakni grup Emtek (PT Elang Mahkota Teknologi Tbk/EMTK) pada tahun 1983 lalu.

Grup Emtek menaungi tiga stasiun televisi yakni SCTV, Indosiar dan O Channel, selain itu Emtek juga merupakan pengendali Bukalapak dan mengelola sejumlah rumah sakit.

9. Djoko Susanto

Djoko Susanto menjadi orang terkaya nomor 9 di Indonesia dengan total kekayaannya saat ini US$ 2,4 miliar atau Rp 34,32 triliun.

Djoko diketahui sebagai pendiri industri ritel yakni Alfamart (PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk/AMRT) yang saat ini memiliki lebih dari 16.000 gerai di seluruh Indonesia.

10. Theodore Permadi Rachmat

TP Rachmat berada di posisi ke-10 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaannya tercatat sebesar US$ 2,1 miliar atau Rp 30,03 triliun.

Djoko diketahui sebagai pendiri Grup Triputra yang memiliki beberapa lini bisnis utama termasuk agribisnis, manufaktur dan pertambangan.

Bersama Garibaldi dan Edwin Soeryadjaya, TP Rachmat ikut serta mendirikan emiten batu bara raksasa PT Adaro Energy Tbk (ADRO) dan saat ini menjabat sebagai Vice President Commissioner Adaro Energy.

11. Low Tuck Kwong

Posisi ke-11 orang terkaya di Indonesia diduduki oleh taipan batubara Low Tuck Kwong dengan total kekayaan sama dengan TP Rachmat yakni sebesar US$ 2,1 miliar atau Rp 30,03 triliun.

Low Tuck Kwong juga tercatat mengalami penambahan kekayaan terbesar dalam satu hari, yakni mencapai US$ 434 juta atau mencapai Rp 6,21 triliun. Adapun pundi-pundi hartanya diperoleh dari kepemilikan saham di PT Bayan Resources Tbk (BYAN).

Naiknya harga jual batu bara membuat kekayaannya bertambah nyaris US$ 1 miliar dalam waktu 10 hari. Berdasarkan data real time billionaire, pada 20 September 2021 lalu Low Tuck Kwong tercatat sebagai taipan terkaya nomor 16 di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$ 1,20 miliar atau setara dengan Rp 17,16 triliun.

Artinya dalam 10 hari hartanya melonjak hingga Rp 12,87 triliun.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Update Taipan RI! 10 Hari, Duit Bos Batu Bara Ini Naik Rp13 T
Update Taipan RI! 10 Hari, Duit Bos Batu Bara Ini Naik Rp13 T
https://awsimages.detik.net.id/visual/2019/03/06/b731118a-cc80-4117-8bd9-bf5faf8e204e_169.jpeg?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/09/update-taipan-ri-10-hari-duit-bos-batu.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/09/update-taipan-ri-10-hari-duit-bos-batu.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content