IPO Mitratel (MTEL), Siap-siap Bakal Borong Menara Telko

SHARE:

Gurusaham.com - Konsolidasi perusahaan telekomunikasi belakangan ini kian marak. Hal ini juga diprediksi akan diikuti oleh konsolidasi perusahaan menara telekomunikasi (tower) di Tanah Air agar lebih efisien.

Analis PT Verdhana Sekuritas, Raymond Kosasih menilai, bisnis menara di Tanah Air masih berpotensi tumbuh. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan traffic data di Indonesia berkisar 40-50%.

Ditambah dengan keterbatasan jumlah spektrum/frekuensi, sehingga kebutuhan akan menara bakal tetap tinggi pada masa mendatang. Hal ini membuka ruang bagi pelaku industri menara melakukan konsolidasi.

"Saat ini, melalui kajian kami, penetrasi jumlah menara di Indonesia termasuk rendah dibandingkan beberapa negara, seperti Brasil dan/atau India. Ratio populasi per menara di Indonesia masih termasuk yang tinggi di kisaran 2,250 dibandingkan Brasil dan India yang berkisar 2,100," kata Raymond kepada CNBC Indonesia, Rabu (3/11/2021).

Sementara itu, Research Analyst PT Indo Premier Sekuritas Hans Tantio menyebutkan, industri tower masih memiliki ruang pertumbuhan yang cukup baik, apalagi sebentar lagi Indonesia akan memasuki era teknologi 5G.

Seperti diketahui, perusahaan menara telekomunikasi BUMN, PT Dayamitra Telekomunikasi (Persero) atau Mitratel, berencana mengakuisisi sebanyak 6.000 menara baru setelah melangsungkan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) pada tahun ini.

Rencananya, dana akuisisi menara tersebut akan bersumber dari perolehan IPO.

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) ini berencana menawarkan sebanyak 25,54 miliar saham atau sebanyak-banyaknya 29,85% dengan harga saham ini ditawarkan pada kisaran harga Rp 775-Rp 975/saham.

Dengan demikian, perusahaan berpotensi memperoleh dana senilai Rp 19,79 triliun hingga Rp 24,90 triliun dari penawaran umum ini.

Berdasarkan prospektus, perseroan akan mengalokasikan 56% dari dana IPO untuk ekspansi anorganik atau sekitar Rp 11,08 triliun sampai dengan Rp 13,94 triliun.

Direktur Investasi Mitratel, Hendra Purnama mengatakan, dalam akuisisi menara tersebut, perseroan tidak hanya akan membeli menara dari PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), perusahaan yang masih terafiliasi dengan Grup Telkom, melainkan juga terbuka melakukan konsolidasi dengan perusahaan menara telekomunikasi lainnya di Indonesia.

"Jumlah tower perkiraan yang akan akuisisi sekitar 6.000 tower, itu capex yang kita siapkan dari dana dari iPO ini," kata Hendra, dalam konferensi pers, pekan lalu.

Hendra menambahkan, konsolidasi di sektor perusahaan menara diharapkan akan menciptakan industri yang lebih efisien dan berimbas positif bagi para pelaku industri menara.

"Kita tidak membatasi akuisisi ini dari Telkomsel atau Telkom, tapi bisa akuisisi dari pihak manapun," ujarnya.

Lebih lanjut Raymond dari Verdhana menilai, rencana IPO ini bisa menjadi peluang bagi Mitratel, yang meskipun mayoritas sahamnya dikuasai oleh Telkom, perseroan tetap menjaring operator-operator lainnya di luar Grup Telkom sebagai tenant, baik dalam built-to-suit (membangun menara baru) dan/atau co-location (co-lo, sewa menara eksisting).

Operator-operator di luar Grup Telkom juga sangat terbuka untuk melakukan co-location di menara-menara milik Mitratel.

Sebagai bukti, atas menara-menara yang dimiliki oleh Mitratel dari tahun 2010 memiliki rasio co-lo di kisaran 1,9 kali, lalu 1,7 kali untuk menara yang dimiliki sejak 2011, dan seterusnya.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: IPO Mitratel (MTEL), Siap-siap Bakal Borong Menara Telko
IPO Mitratel (MTEL), Siap-siap Bakal Borong Menara Telko
https://awsimages.detik.net.id/visual/2021/10/26/dok-mitratel_169.png?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/11/ipo-mitratel-mtel-siap-siap-bakal.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/11/ipo-mitratel-mtel-siap-siap-bakal.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content