Jadi Pesaing SMGR-INTP dkk, Semen Merah Putih IPO Rp 2,2 T

SHARE:

Gurusaham.com - Perusahaan produsen semen merek Merah Putih, PT Cemindo Gemilang berencana melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 2.718.830.200 (2,72 miliar) saham baru.

Berdasarkan prospektus perusahaan yang terbit pada Senin (8/9/2021), nilai nominal saham baru tersebut Rp 500 per saham dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah IPO.

Sementara, harga penawaran yang ditawarkan pada Penawaran Umum Perdana Saham berkisar antara Rp 600 sampai dengan Rp 800 setiap saham.

Dalam IPO ini, Cemindo Gemilang akan mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya Rp 2,17 triliun.

"Jumlah seluruh nilai penawaran umum perdana saham ini adalah sebanyak-banyaknya sebesar Rp 2.175.064.160.000," kata manajemen Cemindo, dikutip CNBC Indonesia, Senin (9/8).

Penjamin pelaksana emisi efek dalam IPO Cemindo adalah PT Ciptadana Sekuritas Asia dan PT Mandiri Sekuritas. Sementara, penjamin emisi efek PT UBS Sekuritas Indonesia.

Manajemen menjelaskan, penjamin pelaksana emisi efek yang juga bertindak sebagai penjamin emisi efek menjamin dengan kesanggupan penuh terhadap sisa saham yang tidak dipesan dalam IPO ini.

Lebih lanjut, Cemindo akan mengalokasikan sebanyak-banyak sebesar 1,22% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO untuk program alokasi saham kepada Manajemen dan Karyawan Perseroan (Management and Employee Stock Option Program/MESOP), yaitu sebanyak-banyaknya sebesar 224.000.000.

Rencananya, sekitar 58% dari total dana yang diperoleh dari IPO, setelah dikurangi seluruh biaya-biaya emisi saham, akan dialokasikan oleh Cemindo untuk pengeluaran modal kerja.

Rincian pengeluaran modal kerja yang dimaksud adalah pembayaran utang usaha, pembayaran utang lain-lain dan pembayaran uang muka dari pelanggan yang merupakan deposit dari AAstar Trading Pte., Ltd. atas pembelian produk Perseroan.

Kemudian, sekitar 17% akan digunakan oleh perseroan untuk pembayaran atas sebagian pokok utang dari pinjaman sindikasi. Selanjutnya, sekitar 11% akan digunakan untuk pembayaran sebagian utang kepada Sinoma International Engineering Co., Ltd.

Lalu, sekitar 8% untuk belanja modal (capital expenditure); dan sekitar 6% untuk pembayaran sebagian utang kepada PT Sinoma Engineering Indonesia.

Berikut jadwal IPO Cemindo Cemerlang:

Masa Penawaran Awal : 9-19 Agustus 2021

Indikasi Tanggal Efektif : 27 Agustus 2021

Indikasi Masa Penawaran : 31 Agustus - 2 September 2021

Indikasi Tanggal Penjatahan : 2 September 2021

Indikasi Tanggal Distribusi Elektronik : 3 September 2021

Indikasi Tanggal Pencatatan di BEI : 6 September 2021.

Saat ini, pemegang saham Cemindo ialah WH Investments Pte. Ltd., yang menggenggam 14,96 miliar atau 97,12% saham perusahaan dan PT Gama Group, yang menguasai 443,80 juta atau setara dengan 2,88%.

Adapun setelah IPO, porsi kepemilikan WH Investments di Cemindo menyusut menjadi 82,55%, Gama Group 2,45% dan masyarakat 15%.

Menurut penjelasan di website perusahaan, Cemindo Gemilang berdiri sejak 2011 dan merupakan produsen semen dengan merek dagang Semen Merah Putih. Cemindo memproduksi 3 jenis semen, yakni semen portland komposit, produk semen curah, dan produk beton.

Saat ini Cemindo Gemilang telah memiliki 6 pabrik di Indonesia yang tersebar di Provinsi Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, dan Bengkulu.

Dalam kurun waktu 5 tahun, Cemindo Gemilang telah mendistribusikan Semen Merah Putih ke 17 provinsi di Tanah Air dengan jaringan distribusi dan pemasaran di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Dalam menjalankan kegiatan usahanya Cemindo bergerak di bidang manufaktur, pemasaran dan distribusi produk semen dan klinker dari Indonesia dan Vietnam.

Dengan masuknya nanti saham Semen Merah Putih akan meramaikan saham-saham semen di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang sebelumnya sudah ada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), holding semen BUMN. Lalu ada anak usaha SMGR, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB), dulu bernama Holcim dan Semen Cibinong.

Kemudian ada semen BUMN, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR), dan semen Grup Heildelberg Jerman, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) dengan merek Tiga Roda.

[CNBC]

KOMENTAR

Nama

bisnis,5,ekonomi,1,emiten,5,idx,1,infrastruktur,1,
ltr
item
Berita Finansial - Gurusaham: Jadi Pesaing SMGR-INTP dkk, Semen Merah Putih IPO Rp 2,2 T
Jadi Pesaing SMGR-INTP dkk, Semen Merah Putih IPO Rp 2,2 T
https://awsimages.detik.net.id/visual/2021/08/09/dok-semen-merah-putih_169.png?w=715&q=90
Berita Finansial - Gurusaham
http://berita.gurusaham.com/2021/08/jadi-pesaing-smgr-intp-dkk-semen-merah.html
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/
http://berita.gurusaham.com/2021/08/jadi-pesaing-smgr-intp-dkk-semen-merah.html
true
7648387769526154670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua BERITA LAINNYA TAG ARCHIVE PENCARIAN ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content